Inilah 5 Keris Pusaka Paling Legendaris di Indonesia

Keris bukan sekedar senjata bagi pemiliknya, namun benda ini juga mempunyai makna dan filosofi tersendiri. Sejarah keris di nusantara telah berlangsung sejak abad 9. Nah dalam rentang waktu yang cukup lama ini muncullah beberapa keris yang telah menjadi benda pusaka yang melegenda.

Keris Mpu Gandring

Keris pusaka legendaris pertama di Indonesia adalah Keris Mpu Gandring. Keris yang kemudian digunakan oleh Ken Arok untuk menyingkirkan lawan-lawannya ini terkenal dengan kisah kutukannya yang selalu memakan korban. Anehnya, korbannya justru muncul dari kalangan elit dan keturunan raja Singhasari, termasuk Ken Arok sendiri. Beberapa kalangan elit kerjaan Singhasari yang telah menjadi korban kutukan keris Mpu Gandring tersebut antara lain Tunggul Ametung, Anusapati, Ken Arok, dan beberapa keturunan setelah Ken Arok lainnya. Keris yang memiliki kekuatan supranatural ini diyakini mengeluarkan kutukannya sejak pembuatnya yaitu Mpu Gandring dibunuh oleh Ken Arok.

Keris Kyai Setan Kober

Apa Anda sering melihat adanya rangkaian bunga melati pada keris yang dikenakan pengantin pria dalam sebuah acara pernikahan? Tradisi pemakaian keris dengan untaian bunga melati ini sebenarnya berawal dari cerita keris legendaris Kyai Setan Kober milik Adipati Jipang, Arya Penangsang. Saat itu, Arya Penangsang bertempur dengan gagah berani melawan Sutawijaya meski dalam keadaan usus terburai hingga tewas. Kematiannya dalam pertempuran itu disebabkan oleh kecerobohannya saat mencabut keris yang mengenai ususnya. Rangkaian melati pada keris tersebut melambangkan buraian usus Arya Penangsang.

Keris Kyai Sengkelat

Keris ini dibuat oleh Mpu Supa yang merupakan santri Sunan Ampel. Uniknya, konon keris ini dibuat dari sebuah besi runcing untuk menggiring onta yang diperoleh dari Sunan Ampel ketika bermunajat. Saat ditanya asal besi yang didapat, Sunan Ampel menjawabnya bahwa besi itu milik Nabi Muhammad SAW.

Keris Kyai Carubuk

Keris Kyai Carubuk merupakan keris Jawa asli Majapahit yang dibuat oleh Empu Supa dari permintaan Sunan Kalijaga. Keris ini konon dikatakan memiliki bentuk yang sangat indah hingga membuat Sunan Kalijaga kagum dan tersentuh. Keris yang kemudian digunakan sebagai pusaka oleh Sultan Hadiwijaya ini dibuat dari bahan yang diberikan Sunan Kalijaga pada Empu Supa. Dalam sebuah cerita keris Kyai Carubuk ini bahkan bisa mengalahkan keris Setan Kober milik Arya Penangsang.

Keris Pusaka Nagasasra

Keris yang merupakan benda peninggalan Raja Majapahit ini memiliki ciri bagian gandik yang diukir dengan bentuk  kepala naga, dan badannya digambarkan dengan sisik yang halus. Pembuat Keris Pusaka Nagasasra yang paling dikenal saat itu adalah Mpu Ki Nom.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *