Bagaimana Bedakan Batik Tulis dan Cetak?

Batik memiliki nilai dan simbol karakteristik tersendiri yang tak tergantikan. Maka dari itu keaslian dan keorisinalitas batik selalu dijaga dan dilestarikan oleh para pecintanya. Saat ini batik memang memiliki banyak varian yang membuat kita sangat mudah mendapatkannya dibeberapa lokasi. Tapi sayangnya dari semua varian yang ada, tidak semua batik yang ada merupakan karya orisinil atau asli.

Seiring hadirnya teknologi maka kemudian muncul batik cetak dengan bantuan mesin pencetak.  Berikut beberapa cara untuk bisa membedakan batik tulis dengan batik printing.

Perhatikan Warna dan Motif Batik

Batik tulis asli sendiri mempunyai warna natural, solid, dan kuat. Sedangkan untuk motifnya batik tulis sendiri akan nampak kurang rapi dan simetris. Kurang rapinya motif pada batik tulis ini memang wajar karena pengerjaannya dilakukan dengan tangan. Sedangkan untuk batik printing umumnya mempunyai warna sintetik degan banyak varian, tidak alami, buram serta tidak solid. Namun untuk corak atau motif pada batik printing ini nampak sangat rapi dan simetris dan sangat sempurna.

Coba Cium Baunya

Selanjutnya, cara membedakan batik tulis dengan batik printing adalah dengan mencoba mencium bau pada permukaan kainnya. Pada batik tulis memiliki bau khas lilin dan juga aroma khas pewarna alami, misalnya kulit kayu teger, daun tom dan akarnya, kulit kayu tingi dan kayu jambal. Namun pada pada batik printing, Anda tidak akan mendapatkan bau lilin atau aroma pewarna alami ini.

Perhatikan Sisi Dalam Kainnya

Cara lain untuk bisa membedakan batik tulis dan batik printing adalah dengan memperhatikan sisi dalam kainnya. Pada batik tulis sendiri terdapat sisi dalam dengan motif dan warna yang hampir sama dengan motif luarnya. Namun pada batik printing sisi dalamnya memiliki motif dan warna yang lebih pudar dan jauh berbeda dengan sisi luar.

Perhatikan Harganya

Terakhir, cara untuk membedakan batik tulis dan batik printing adalah dengan melihat harganya. Ya, antara batik tulis dan batik printing memang memiliki harga yang sangat berbeda. Karena batik tulis ini dibuat dan diproses secara tradisional dan dikerjakan dengan tangan yang membutuhkan waktu pembuatan yang lama maka harganya akan sangat mahal. Sedangkan batik printing yang dikerjakan dengan menggunakan teknologi mesin yang bisa cepat pembuatannya, maka batik ini akan memiliki harga yang jauh lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *