Melestarikan Batik Lewat Casing Smartphone

Jika kita biasanya melihat kain batik pada sebuah pakaian, maka bagaimana jika seni batik ini juga bisa kita jumpai pada casing telepon pintar? .  Ya, batik yang mulai digemari dan populer memang banyak yang menerapkannya pada banyak hal, termasuk pada telepon pintarmu. Salah satu produsen casing batik yang bisa kita tilik sebagai referensi adalah Bate Indonesia.

Bate Indonesia muncul dari dari tugas kuliah kewirausahaan yang dilakoni oleh Adrianus Tirta, Anne Siane, Chrissela, Cindy Stefiana, Hendy Kurnia di akhir tahun 2014. Meski berawal dari tugas kuliah, produk Bate Indonesia ini tidak hanya sekedar ingin memenuhi tugas agar lulus  saja. Namun lebih dari itu, Bate Indonesia muncul dari dasar kesukaan dan kecintaan para pendirinya akan seni batik yang memiliki banyak jenis, motif dan makna yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, batik menurut mereka juga mempunyai banyakkemungkinan pada banyak hal, termasuk pada desain casing. Banyaknya kemungkinan penerapan atau pengaplikasian batik sendiri diakui para pendirinya tidak lepas dari kepopuleran yang ada pada seni batik saat ini.

Bawa Batik yang Tradisional ke Market Modern

Bate Indonesia yang mengusung seni batik pada perangkat smartphone ini menarik karena batik yang berkesan tradisional diangkat ke dunia yang sangat jauh berbeda dari kesan tradisional. Maka dari itu kemudian muncullah pasar batik modern yang diusung oleh Bate Indonesia dengan menggunakan media telepon pintar yang sedang tumbuh dengan pesatnya. Harapan para pendiri Bate Indonesia dengan membawa batik ke dunia modern sendiri adalah untuk menumbuhkan serta meningkatkan awareness dan apresiasi serta kecintaan masyarakat bahwa batik bisa dijadikan produk yang keren dan modern.

Seperti kita tahu bahwa casing smartphone saat ini sangat banyak variasinya. Dari sinilah tim Bate Indonesia mengalami tingkat persaingan yang sangat ketat dipasaran. Bahkan persaingan sendiri tidak hanya berasal dari produk casing plastik yang harganya murah tapi persaingan juga datang dari produk sejenis yaitu casing batik yang juga mulai banyak dijumpai. Namun ketika ditanya soal persaingan yang ketat ini, tim Bate Indonesia menyatakn dirinya sangat siap dan pecaya diri untuk bisa memenangkan persaingan.Kepercayaan diri yang tinggi dari tim Bate Indonesia sendiri memang bukan tanpa alasan, sebab produk Bate Indonesia sudah dikenal memiliki kualitas yang mumpuni.

Kelebihan Bate Indonesia Dengan Produk Sejenis

Untuk produk yang sejenis sendiri, tim Bate Indonesia memiliki kelebihan dan keunggulan. Jika produl sejenis yang lain menghadirkan batik dalam bentuk cetakan di atas hardcase dan sekedar mencetak motif atau gambar di atas casing polos, maka Bate Indonesia benar-benar membawa batik ke permukaan sebuah casing smartphone dengan sungguh-sungguh. Kain batik yang digunakan Bate Indonesia ini sendiri menggunakan kain batik cetak dari penyedia kain batik lokal. Kain batik yang didapat tersebut kemudian dipotong sedemikian rupa sesuai dengan bentuk smartphone. Setelah itu potongan batik tadi ditempel di atas casing bening. Menariknya semua proses pencetakan dan penempelan batik dikerjakan secara manual dengan tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *