Tak Jelasnya Sejarah Batik Tiga Negeri

Banyak menganggap bahwa keaslian batik Tiga Negeri dapat dilihat dari tanda identitas yang diberikan pembatiknya. Adalah Tjoa Tjoen Kiat dan Tjoa Siang Swie yang dulu dianggap sebagai pembuat batik Tiga Negeri yang sesungguhnya. Tanda yang diberikan adalah sebuah tulisan Tjoa. Sehingga tulisan Tjoa ini menjadi nilai yang tinggi terhadap tiap kain batik yang ada tulisan ini.

Tidak perlu diragukan lagi batik tiga negeri ini memberikan makna yang begitu kuat. Salah satunya adalah kepercayaan para pembatik ini akan sejarah dan budaya yang kuat yang mampu memberikan sebuah mahakarya. Walaupun dari budaya yang berbeda, dengan keunikannya masing-masing, batik ini menunjukkan bahwa semua perbedaan itu bisa dikombinasikan menjadi karya yang indah.

Batik Tiga Negeri ini termasuk batik yang keasliannya bernilai sangat tinggi, para kolektor menganggap semakin lama usia kain, maka semakin tinggi pula harganya. Mengingat batik ini memiliki sejarah yang panjang bahkan sejak pertama kali dibuat. Belum lagi ketika batik ini mulai diperjualbelikan sehingga tiap tangan yang memiliki cerita masing-masing dalam batik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *