Kesohornya Batik Panastroman dan Panselen di Masa Penjajahan

Selain dipengaruhi kebudayaan Tiongkok dan Jepang, ternyata batik di pulau Jawa juga dipengaruhi oleh budaya Belanda. Wajar saja, karena Belanda lah yang mendominasi Indonesia waktu zaman penjajahan.

Batik Belanda yang paling dikenal adalah Batik Prankemon. Batik ini dikenal sebagai perintis batik-batik Belanda lainnya. Selanjutnya adalah Batik Panastroman. Batik ini juga merupakan salah satu perintis batik Belanda pada masa itu. Batik ini dibuat oleh Catharina Carolina van Oosterom. Beliau memulai usaha batiknya di Banyumas pada tahun 1832. Batik yang dibuat beliau berupa sarung yang memiliki banyak pengaruh motif dari keraton dan naturalis-naturalis Eropa. Batik ini memiliki motif anggur, bunga dan cupid (makhluk mitologi eropa).

Batik Panastroman. Foto: artscraftindonesia.com

Batik Belanda lain yang berjaya adalah Batik Panselen, karya pembatik keturunan Belanda juga yaitu Eliza Van Zuylen. Batik ini dianggap sebagai batik yang memberikan kejayaan pada Batik Belanda pada masa itu. Batik ini lebih banyak dikenal di Pekalongan yaitu tempat tinggal Eliza Van Zuylen. Batik ini dikenalkan pada tahun 1910 di Pekalongan dan masih terus dicari hingga sekarang.

Beliau merupakan pembatik yang merintis adanya tanda individu dalam kain batik yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh pembatik yang lain. Hal ini membuat motif yang dibuat oleh beliau lebih khas dan otentik. Motif batik buatan beliau merupakan rangkaian bunga dan kadang ditambah dengan hiasan burung. Batik Panselen ini dianggap menjadi batik dengan tingkat kerumitan yang tinggi ditambah dengan warna-warnanya yang beraneka ragam. Tidak mengagetkan jika batik ini menjadi salah satu bentuk kejayaan batik Belanda pada masa itu.

Batik Panselen. Foto: wiki.uiowa.edu

Mengingat kedudukan Belanda yang sangat kuat pada waktu itu, para pembatik dari Eropa tersebut banyak menggunakan tenaga pribumi untuk membuat batik. Batik Belanda kini masih banyak digandrungi para pecinta batik baik dalam maupun luar negeri. Walaupun memiliki embel-embel Belanda di dalamnya, Batik-batik Belanda ini juga merupakan batik buatan Indonesia. Dalam perkembangannya batik-batik ini juga menjadi inspirasi untuk motif-motif batik baru di daerah asalnya, Semarang, Banyumas dan Pekalongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *