Jelajah Museum Batik Jawa (Bagian 1)

Batik sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Dengan berbagai corak dan motif, batik memiliki keindahan seni tersendiri untuk dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Bagi anda para pecinta batik, berikut ini adalah museum-museum batik yang terdapat di Indonesia, sebagai salah satu pilihan tempat wisata edukasi sekaligus lebih menumbuhkan kecintaan kita terhadap karya seni bangsa Indonesia. Di museum-museum batik berikut, kalian dapat melihat berbagai macam corak batik yang menjadi koleksi museum, sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai perkembangan batik dari masa ke masa.

Museum Batik Yogyakarta

Untuk kalian yang tinggal di sekitar daerah Yogyakarta dan sekitarnya, kalian bisa mengujungi Museum Batik Yogyakarta. Museum ini terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 13 A Yogyakarta INDONESIA.

Museum Batik Yogyakarta adalah museum non pemerintah yang berdiri atas inisiatif Hadi Nugroho dan istrinya, Dewi Sukaningsih yang didukung oleh para sahabat dan keluarga besar mereka. Hadi Nugroho gelisah melihat perubahan batik, pada tahun 1960an, terutama setelah gempuran teknik printing dalam industri tekstil yang memangkas banyak kaidah dalam seni membatik.

Museum Batik Solo

Museum batik pun terdapat di kota Solo, Jawa Tengah, namanya Museum Batik Danar Hadi yang terletak di   Jl. Slamet Riyadi 261 Solo, buka dari jam 09.00 – 17.00. Untuk masuk kesana, kalian harus beli tiket masuk, per orangnya 30.000 rupiah yang bisa kalian bisa membelinya di gerai Danar Hadi.

Di museum, kalian sudah disiapkan tour guide yang siap mengantar kalian keliling museum. Museum Danar Hadi terdiri dari 11 ruangan, yang setiap ruangan berisi koleksi yang berbeda-beda. Di ruangan pertama terdapat  batik yang dibuat oleh orang asing dan dinamakan dengan nama si pembuat.

Diceritakan juga sejarah batik-batik yang ada. Motif-motif batik sesuai acara, mana yang boleh dipakai perempuan, mana yang tidak, mana motif yang diperuntukkan untuk raja, permaisuri, selir dan sebagainya. Semua batik yang ada di sana adalah koleksi pribadi dan jumlahnya sekitar 5.000 kain. 

Mau tahu lanjutannya? Baca di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *