Ini Dia Alasan Kenapa Jumat Identik dengan Hari Batik

Pada hari Jumat, kebanyakan orang seperti PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan karyawan yang berangkat kerja memakai batik. Di hari biasa seperti senin dan weekend jarang ada yang memakai batik. Tapi kenapa hanya di hari Jumat saja banyak orang yang memakai batik dan di hari lainnya jarang yang memakai batik? Apakah itu karena adanya peraturan dari kantor maupun pemerintah untuk memakai batik pada hari Jumat tersebut? atau karena memang inisiatif sendiri dari orang Indonesia?

Pada lampiran II Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 68 Tahun 2015 yang mulai diberlakukan pada tanggal 30 September 2015, diatur mengenai jadwal penggunaan pakaian dinas PNS di lingkungan kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah adalah sebagai berikut :

Pada Permendagri tsb, telah diatur bahwa pada hari Jumat jenis pakaian yang dipakai oleh PNS haruslah Batik/Tenun/Pakaian khas daerah. Bagaimana dengan karyawan swasta? Kenapa ada beberapa karyawan swasta yang memakai batik dan ada juga yang berpakaian kasual saat pergi kerja pada hari Jumat?   

Di lingkungan swasta, ada yang memberlakukan aturan untuk memakai batik pada setiap hari Jumat dan juga ada yang tidak memberlakukan aturan tersebut. Tetapi kebanyakan perusahaan swasta sudah memberlakukan aturan untuk memakai batik pada hari Jumat.

Pada tanggal 2 Oktober, sebagian besar orang Indonesia akan memakai baju batik karena itu merupakan hari Batik Nasional. Batik juga biasa dipakai untuk acara resmi seperti acara kondangan. Batik telah berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Banyak sekali model baju batik yang telah dikembangkan seperti dress batik yang bisa dijadikan alternatif baju untuk jalan-jalan dan sehari-hari.

Berdasarkan survei wolipop, 64% orang bangga memakai batik karena cinta tanah air. Banyak juga pejabat negara dan pengusaha yang memakai batik baik untuk urusan meeting maupun sekedar menjadi baju santai. Tak sedikit pula tokoh dunia seperti Obama dan Bill Gates yang pernah memakai batik.

Batik telah menjadi bagian dari kehidupan orang Indonesia. Ada yang memakai karena memang adanya aturan, namun ada juga yang memakainya karena adanya rasa bangga dan cinta terhadap Indonesia. Batik pun terus berkembang sehingga bisa dipakai untuk acara formal maupun untuk acara nonformal.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *