Batik Bolleches yang Asing di Telinga Kita

Kediri, Jawa Timur mungkin lebih banyak kita kenal sebagai Kota Tahu, dengan oleh-oleh khasnya Tahu Kuning. Namun tahukah anda bahwa Kota Kediri juga memiliki ciri khas lain yang cukup membanggakan? Yup selain kulinernya, Kediri juga terkenal dengan Busana Batiknya dengan nama Batik Bolleches.

Bolleches, Apa itu? Mungkin tak banyak dari kita yang mengenal nama Batik Bolleches ini. Sebagian orang mengenal batik ini dengan nama lain, tergantung dengan motif tambahan apa yang diberikan. Seperti Batik Kediri, Batik Garuda Muka dan lain sebagainya. Kata Bolleches sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti titik-titik atau bulatan-bulatan. Seperti namanya, batik ini memiliki khas berupa titik-titik bulat sebagai latar belakang dan motif utama pada batiknya.

Batik Bolleches dengan Motif Buah Mangga. Foto: suminar-batik.blogspot.co.id

Jika kita lihat, Batik Bolleches atau Batik Kediri pada umumnya, memiliki motif yang dipengaruhi oleh batik Pantai Utara. Motif Batik Bolleches serta variasinya ini cenderung lebih bebas dan tidak berpakem pada suatu motif tertentu saja namun masih tetap memiliki sebuah tema tertentu seperti Batik Gumul atau Batik Garuda Muka Sekar Jagad.

Batik Bolleches ini sangat memudahkan pengrajin batik untuk mengembangkan dan berkreasi dengan motif-motif baru. Sedangkan warna-warnanya juga bervariasi, tidak selalu gelap ataupun cerah. Hal ini membuat Batik Bolleches juga lebih menarik dan lebih mampu menarik peminat batik di berbagai kalangan usia. Selain itu dari sisi budaya, batik-batik Bolleches ini dianggap menggambarkan kepribadian warga kediri yang elegan dan ramah.

Tidak perlu diragukan lagi, Batik Bolleches ini menjadi Batik yang patut dijadikan oleh-oleh jika anda bermain-main ke Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *