Ada Apa Dengan Pekalongan dan UNESCO?

Kota Batik Pekalongan terkenal dengan slogan “World’s city of Batik”, dan menjadi salah satu Kota dalam Jaringan Kota Kreatif Dunia UNESCO pada tahun 2015. Batik Indonesia sendiri telah diakui menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2009.

Perlu diketahui pula, ada satu tempat yang juga telah mendapat penghargaan UNESCO sebagai pelestari budaya batik, yaitu Museum Batik Pekalongan. Museum Batik Pekalongan adalah satu-satu nya museum di Indonesia yang meraih sertifikat UNESCO predikat “Best Practice”, atau institusi pelestari budaya batik melalui pelatihan membatik terutama untuk kalangan pelajar.

 

Pengakuan UNESCO terhadap Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia tak terlepas dari budaya batik yang berkembang di Kota ini. Budaya Batik telah berkembang di Pekalongan sejak beberapa abad lalu dan pernah mencapai puncaknya di abad XIX.

Hingga kini, Batik masih menjadi yang utama di Kota ini. Berbagai infrastruktur dan penataan daerah dilakukan oleh Pemerintah Kota guna pengembangan budaya batik. Dan dimasa depan, batik dipercaya tetap lestari di Kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *