Ternyata, Betawi pun Punya Batik

DKI Jakarta siapa yang tidak mengetahui kota ini? Kota metropolitan yang merupakan ibukota Negara Indonesia dengan gedung-gedung pencakar langit. Beranegaka ragam suku tinggal di kota ini serta kebudayaan yang beraneka ragam. Jakarta identik dengan Monumen Nasional atau Monas, tempat wisata tempo dahulu yaitu Museum Fatahillah.

Kulinernya juga tak kalah enaknya seperti kerak telor, asinan betawi, asinan juhi, bir pletok dan masih banyak lagi. Namun tidak banyak orang mengetahui bahwa Jakarta memiliki kesenian lain, yaitu batik Jakarta. Setiap daerah memiliki batik tanpa kecuali kota Jakarta. Pasti Anda baru mengetahui dan penasaran seperti apa batik Jakarta?

Batik Jakarta berkembang hampir bersamaan dengan daerah-daerah pembatikan lainnya kira-kira di akhir abad ke-19. Pembatikan baju batik ini dibawa oleh kaum pendatang dari Jawa Tengah, kebanyakan didaerah pembatikan yang dikenal di Jakarta tersebar di dekat Tanah Abang, seperti kawasan Karet, Bendungan Hilir, dan Kebayoran Lama. Namun di kawasan Mampang Prapatan dan Tebet juga tercatat pernah ada beberapa pembatik yang bermukim di situ.

Batik Betawi menjadi bahan pakaian yang populer dikalangan penduduk Betawi laki-laki pada akhir abad ke-19, terutama di wilayah Betawi Tengah. Mereka menggunakan batik sebagai bahan celana seperti orang-orang Belanda. Batik Betawi juga digunakan untuk pakaian sehari-hari untuk keperluan hajatan dan pelesiran.

Namun sayang batik kuno khas Betawi sulit untuk dijumpai lagi. Keberadaan batik Betawi hanya sering ditemui pada pameran ataupun acara besar adat Betawi.

Ciri khas kain batik Betawi yaitu kain sarung dengan menonjolkan motif Tumpal, yaitu bentuk motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bagian kepala kain dan badan kain. Saat dikenakan, Tumpal harus ada dibagian depan.

Salah satu motif yang terinspirasi dari batik di Jawa Tengah adalah motif burung hong. Bagi masyarakat Jakarta, terutama mereka yang memiliki gen Tionghoa, motif ini digunakan sebagai perlambang kebahagiaan.

Motif batik Betawi lebih berfokus pada kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda dan Cina. Dilihat dari motifnya, batik Betawi terbagi dari beberapa jenis, yaitu Ondel-ondel, Nusa Kelapa, Ciliwung, Rasamala dan Salakanegara. Dari namanya, motif batik Betawi memiliki asal usul Loreng Ondel-ondel dibuat sebagia boneka yang dapat menolak bala.

Motif ini mengandung harapan agar pemakainya mendapat kehidupan yang lebih batik serta jauh dari bala. Biasanya jenis dan motif batik Betawi digunakan pada acara besar adat Betawi. Apalagi motif Betawi lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *