Ini Dia Motif-Motif Batik Betawi

Keunikan lainnya dari batik Betawi adalah warga Betawi itu sendiri, baik kalangan atas maupun kalangan bawah menggunakan motif yang sama, yang membedakan adalah pemilihan bahannya. Untuk kalangan atas, umumnya terbuat dari bahan mori halus cap sen. Sedangkan untuk kalangan bawah, terbuat dari mori kasar atau belacu.

Berikut ini motif-motif yang sudah menjadi ikon dari batik Betawi.

Batik motif Buket Latar Gabah Sinawur

motif asal daerah pesisir Pekalongan ini, oleh Iwan Tirta digubah dan digayakan dengan proses pewarnaan corak Solo yang anggun.Sebenarnya motif ini berasal dari daerah pesisir Pekalongan, oleh Iwan Tirta digubah dan digayakan dengan proses pewarnaan corak Solo yang anggun, kemudian dikoleksi oleh Danar Hadi. Sebenarnya ini adalah Selendang Stel dengan Kain Panjangnya.

Motif Nusa Kelapa

Batik ini memiliki ide desain dari Peta Ceila yang dibuat pada tahun 1482 – 1521 saat pemerintahan Prabu Siliwangi. Dari peta tersebut diketahui bahwa Jakarta dulu bernama Nusa Kelapa, hingga menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia dan Jakarta.

Nama Nusa Kelapa ini diambil dari peradaban manusia yang berasal dari tepian Sungai Ciliwung. Konon penguasa Portugis dan Belanda begitu tertarik dengan Sungai Ciliwung hingga bermaksud menguasai Betawi. Sesuai namanya, pemakaian batik ini diharapkan pemakainya menjadi pusat daya tarik dan sebagai simbol rezeki yang terus mengalir bak sebuah aliran kali.

Batik Buket Pesisiran

Batik ini berasal dari pesisir Pekalongan yang digubah dan digayakan oleh Iwan Tirta.Jadi diperkirakan motif ini berasal dari daerah pesisir Pekalongan, oleh Iwan Tirta digubah dan digayakan, artinya modifikasi antara motif gaya pesisir dipadukan dengan motif gaya Solo berupa Naga, selanjutnya diproses pewarnaan corak Solo yang anggun, kemudian dikoleksi oleh Danar Hadi.

Batik motif Rasamala

Menggambarkan riwayat Belanda saat masuk ke wilayah Sunda Kelapa. Saat ini daerah Sunda Kelapa masih berupa hutan belantara yang banyak ditumbuhi pohon jenis Rasamala. Warga Betawi menganggap keramat pohon Rasamala karena baunya yang wangi, kulit kayu Rasamala dijadikan setanggi.

Sedangkan Salakanagara

Merupakan batik yang mengangkat motif bertemakan kerajaan pertama di tanah Betawi yang didirikan oleh Aki Tirem pada 130 masehi. Nama Salakanegara berkaitan dengan kepercayaan yang menganggap gunung mempunyai kekuatan dan gunung itu diberi nama Gunung Salak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *