Buku yang bangga membahas Batik Indonesia

B185DFEA6-1050-4DB4-AD8B-AA40D43C099F.jpguku merupakan jendela dunia itulah pepatah atau kata yang banyak disebutkan orang mengenai buku. Untuk itu mengapa penting sekali belajar atau membaca dengan buku. Walaupun teknologi sudah merajai kegiatan kamu sehari-hari namun bagaimanapun juga buku masih dibutuhkan untuk mendapatkan ilmu oleh banyak orang. Salah satunya mengenai batik dan juga membahas mengenai batik.

Batik merupakan salah satu warisan Indonesia yang merupakan salah satu warisan unik yang mungkin sulit dipelajari untuk orang awam. Nah, dengan begitu ada beberapa buku yang memudahkan kamu untuk mengenal batik secara keseluruhan dimulai dari sejarah, literatur dan juga bagaimana membuat batik secara keseluruhan. Munculnya buku mengenai batik sekitar tahun 1920-an, dengan awal isi buku yaitu menjelaskan mengenai batik atau kain khas asal Indonesia. Setelah itu tahun 1970-an buku mengenai batik kembali hadir dengan isi yang lebih beragam. Beberapa kreasi membahas teknik dan juga batik yang keluar dari jalur tradisional dan “jadul” sehingga buku pada jaman tersebut sangat banyak peminatnya. Hingga saat ini sudah banyak buku mengenai batik, apa saja buku tersebut. Nah ini dia

Batik Pesisiran; melacak pengaruh etos dagang santri pada ragam hias batik karya Hasanudin

A5926E21-2108-42F1-92FA-066842ACDB0D.jpg

batikidku.blogspot.com

Salah satu peneliti tekstil dan juga batik, Hasanudin merupakan salah satu penulis yang mebahas mengenai batik Indonesia. Dalam bukunya, Hasanudin membahas mengenai ciri khas sentra batik di pulau jawa dan juga model serta pengelolaan bisnis kain tersebut. selain itu penulis dengan yang lahir di pekalongan ini juga membahas cara pemakaian dan pemeliharaan hingga sentra produsen perlengkapan membatik. Buku ini bisa dikatakan lumayan komplit dengan terbit tahun 2001.

 

Buku batik karya Sultan Hamengku Buwono X

EAE51024-E670-4B32-B5A4-A799874225ED.jpg

www.info-jogja.com

Salah satu pejabat kerajaan atau negara Yogyakarta ini pernah membuat pengantar buku yang penuh dan membahas mengenai desain batik komputer, Sultan juga memberikan bahasan tentang menilai paduan warna dan motif yang inovatif dan unik tanpa meninggalkan corak batik khas Indonesia. Inovasi yang seperti ini tidak sekedar melestarikan artefak masa silam, namun juga memiliki dinamika yang menjangkau masa depan sesuai dengan Sultan katakan pada sebuah media.

Tim Peneliti “Batik Fisika” Bandung Fe Institute, penulis Hokky Situngkir dan Rolan Dahlan

www.tokopedia.com

Dari sekian banyak buku, buku mengenai batik karya Hokky dan Rolan  merupakan buku batik yang paling unik. Buku ini membahas mengenai pendekatan sains dalam membedah motif batik, yakni dengan fraktal, sebuah cabang ilmu matematika yang menelisik teknik pengulangan. Hasil penelitian mereka mengungkapkan bahwa batik tidak hanya memiliki nilai filosofi dan budaya, namun perhitungan matematika yang mungkin tidak pernah tertebak oleh banyak pengamat batik.

Ungkapan batik di semarang, penulis Saroni Asikin

C59B5B4D-9C53-42D7-8F1D-DD737AFD49A1.jpg

naningisme.wordpress.com

Saroni Asikin menulis batik yang diberikan gambaran lebih jelas perihal batik di kota-kota pesisir. Saroni mengulas dalam bukunya dengan penggalian asal-usul batik hingga kemunculan usaha batik di pesisir utara jawa, termasik di kota Semarang. Pada abad ke-19, dia mengupas bagaimana keberagaman etnis di kota itu yang mempengaruhi corak gambar batik serta geliat masyarakat dalam membatik hingga abad ke-21. Saroni mengakhiri bukunya dengan menampilkan 65 motif batik yang indah dan juga menginspirasi banyak orang. Makna motif batik juga berbeda dan dibahas oleh Saroni dalam bukunya. Banyak informasi mengenai batik dalam buku Saroni yang menjadi referensi banyak penulis dan pengamat batik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *