SINAR CHANDRA GRIA BATIK TULIS YANG MENGUSUNG BATIK NUSANTARA

Sinar Chandra adalah sebuah Gria Batik Tulis yang berada di jalan DR. Wahidin 71-A, Rembang, Jawa tengah. Kesan pertama yang kita dapatkan di Gria Batik ini adalah Nyaman dan Tradisional. Sinar Chandra Gria Batik Tulis ini didirikan oleh Ibu Chandra pada tahun 2012 yang mana beliau adalah seorang penjahit, gagasan Ibu Chandra untuk mendirikan Gria Batik Tulis ini adalah menyediakan motif batik nusantara, bukan hanya batik tulis lasem tetapi juga batik dari daerah – daerah di Indonesia, dan itupun berdasarkan permintaan dari para pelanggan .

8E6C44BF-532F-4FF9-83D2-7F8917B7E673.jpg

Suasana di Sinar Chandra Gria Batik Tulis

Sinar Chandra juga menerima pemesanan pembuatan batik, mereka bekerja sama dengan pembatik lokal untuk melayani permintaan dari para customer. Pesanan yang sering mereka terima adalah batik Lasem. Selain batik mereka juga menyediakan jasa desain baju dan penjahitan, sehingga customer bisa langsung menerima dalam bentuk dress ataupun kemeja. Hal ini yang membedakan denagn Gria Batik yang ada di Kabupaten Rembang, karena pada umumnya Gria Batik yang ada di Lasem hanya menyediakan kain batik saja tanpa menyediakan jasa desain dan penjahitan.

Selain itu Sinar Chandra adalah satu – satunya Gria Batik Tulis yang berada di Kota Rembang, tujan mereka adalah menyediakan Batik Tulis Lasem untuk para turis, maupun tamu yang sedang perjalanan Dinas di Kota Rembang, sehingga mereka tidak perlu jauh – jauh datang ke Lasem untuk membeli Batik Tulis Lasem. Banyak turis yang berpendapat bahwa jarak antara kota Rembang dan Lasem itu dekat, padahal jaraknya sekitar 12 km, sama artinya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Lasem.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa Sinar Chandra adalah Gria Batik Tulis yang mengusung konsep Batik Nusantara, sehingga jika kita berkunjung di Gria Batik ini bisa menemukan beberapa motif batik dari daerah lain seperti Batik Solo, Pekalongan, Bakaran (Pati), Madura, Tuban, dan Jepara (tenun Troso). Hal inilah yang menjadikan ide Ibu Chandra untuk membuat desain baju dengan mengkombinasikan antara batik Lokal dengan daerah Lain, seperti Batik Lasem dikombinasikan dengan Batik Solo. Batik dengan desai seperti ini sangatlah langka kita temukan di Gria Batik yang ada di daerah manapun.

CB7A036C-684D-473F-B232-8152BD608741.jpg

Koleksi Batik Nusantara (dari beberapa daerah) di Sinar Chandra

7F1B0412-7474-41EF-AAA9-1F5795D33214.jpg

Koleksi Batik Lasem di Sinar Chandra

Customer Sinar Batik Chandra ini juga banyak berasal dari Jakarta dan Surabaya, mereka juga pernah mendapat customer dari Jepang, ada sekelumit cerita yang sedikit aneh dari Customer Jepang ini, si customer ini membeli Batik Tulis Lasem dengan tujan untuk menjadikan Batik tersebut sebagai taplak meja di rumah mertuanya, mungkin bagi kita sebagai orang Indonesia hal tersebut kurang sopan, ibaratnya sama saja menghina karya seni Batik. Tetapi hal ini justru bertolak belakang dengan budaya di Jepang, bahwa menurut merka memberikan taplak meja untuk mertua adalah suatu kehormatan. Hal ini mengigatkan kita pada sebuah pantun yang berbunyi “lain ladang, lain belalang, lain lubuk, lain ikannya” yang artinya setiap daerah mempunyai adat istiadat yang berbeda – beda, sehingga kita harus menghargai perbedaan tersebut.

Selain dari jepang mereka juga pernah mendapatkan Customer dari Amerika Serikat, mereka berkunjung ke Rembang awalnya adalah urusan pekerjaan dengan rekan bisnisnya yang bergerak di bidang usaha kayu jati. Si customer ini membeli Bati Tulis lasem yang dibuat untuk menjadi Kimono bagi customer wanita, sedangkan sang Pria lebih memilih untuk dibuat kemeja saja. Dan masih banyak cerita unik yang mereka temui dari para Customer yang berasal dari Luar Negeri.

9E0D9D1B-DC19-489C-B7C9-25F08C1DD26B.jpg

Koleksi Kemeja dan Batik Lasem di Sinar Chandra

Ibu Chandra mengaku bahwa omsetnya semakin meningkat di 3 tahun kebelakang, mungkin hal ini diakibatkan kebijakan beberapa kantor untuk menggunakan baju Batik pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Harga untuk menjaitkan kemeja di Sinar Chadra berkisar antara Rp. 65.000,- s.d Rp. 75.000,-. Sedangkan untuk baju wanita seperti Gamis dan Dress berkisaran antara Rp. 250.000,- s.d Rp. 300.000,- itupun juga bisa lebih tergantung dari tingkat kesulitannya, tutur Ibu Chandra. Untuk rencana kedepan Sinar Chandra akan memperluas penjualannya melalui media online, dengan tujuan mempermudah para customer yang berdomisili di luar Rembang dapat memesan Batik dengan mudah. Sekian kunjungan saya di Gria Batik Tulis Sinar Chandra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *