Inilah Momen dan Saat-saat yang Tepat untuk Mengenakan Pakaian Batik

asep6.png

ranforyourlife.com

Pakaian batik saat ini memang telah menjadi pakaian yang umum digunakan oleh di Indonesia. Bahkan bukan hanya digunakan oleh penduduk Indonesia, beberapa tokoh masyarakat dunia pun sudah tak canggung lagi menggunakan pakaian batik. Sejak batik diresmikan sebagai warisan budaya dunia (world heritage) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 penggunaan batik memang makin populer dikalangan masyarakat. Kepopuleran batik pun makin kuat saat tanggal peresmian batik sebagai warisan budaya dunia ini ditetapkan sebagai hari batik nasional di Indonesia.

  1. Momen Mendatangi Undangan Pesta Penikahan

Momen pertama yang tepat untuk menggunakan batik adalah saat mendatangi undangan pesta pernikahan. Ya, momen dimana kita memang dituntut untuk berpakaian resmi ini membuat tema batik sangat cocok untuk dikenakan. Saat ini pun sudah bukan hal luar biasa mendapati pakaian batik di acara pesta pernikahan. Sebab hampir sebagian besar hadirin yang datang pada acara ini menggunakan pakaian batik. Penggunaan pakaian batik pada acara pesta pernikahan memang sangat tepat dengan situasi dan acara yang ada. Dan yang terpenting lagi adalah penggunaan pakaian batik pada acara ini tidak akan kalah keren dengan mereka yang menggunakan jasa atau kebaya resmi.

  1. Momen Perayaan Hari Batik Nasional

Perayaan hari batik nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober menjadi momen tepat berikutnya untuk mengenakan pakaian batik. Ya pada hari ini Anda tak perlu ragu dan tak perlu malu untuk menggunakan batik pada aktivitas apapun yang akan atau sedang Anda kerjakan. Entah saat Anda akan bekerja di kantor atau ketika Anda akan kuliah. Pasalnya pada saat itu (tanggal 2 Oktober), semua orang kebanyakan akan mengenakan pakaian yang sama dengan Anda yaitu pakaian batik. Maka dari itu momen hari batik nasional seharusnya sudah menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kecintaan kita dan rasa nasionalis kita dengan menggunakan pakaian batik.

  1. Momen mendatangi Undangan Sebuah Acara

Disuatu hari ketika kita mendapati undangan dari teman atau kerabat, kita tentunya harus mempersiapkan pakaian yang tepat dan sesuai untuk datang ke sana. Nah dari sini pilihan mengenakan pakaian batik adalah hal yang tepat. Pakaian batik saat ini memang dianggap sebagai pakaian formal yang bisa mewakili acara resmi apapun. Anda tak perlu merasa rendah diri atau kurang percaya diri saat mengenakan pakaian batik ini disuatu acara. Sebab Anda bisa jadi bukanlah satu-satunya orang yang mengenakan batik pada acara tersebut.

  1. Momen Perayaan Wisuda

Mendatangi wisuda teman atau kerabat keluarga memang sangatlah meyenangkan. Selain bisa membuat kita termotivasi untuk bisa lulus sarjana atau gelar lain kita juga akan bertemu dengan rekan-rekan yang profesional lainnya disana. Nah dari keadaan ini maka seharusnya kita bisa tampil dengan elegan pada acara wisuda tersebut. Salah satu pendukung untuk tampil elegan itu adalah pakaian. Nah untuk tampil elegan di acara wisuda ini Anda tak harus mengenakan pakaian mahal seperti jas. Namun dengan pakaian batik pun maka Anda akan bisa tampil elegan dan mempesona.

  1. Momen Hari Batik di Kantor

Terakhir, momen tepat penggunaan pakaian batik adalah momen hari batik di kantor. Ya, disaat penggunaan pakaian batik ini makin populer, dibeberapa kantor memang banyak yang sudah menerapakan atau menentukan hari batik (hari menggunaakan pakaian batik) pada hari tertentu pada setiap karyawannya. Nah saat hari batik di kantor ini tiba, maka Anda tak perlu ragu untuk mengenakan batik. Sebab saat semua karyawan di kantor mengenakan batik maka Anda akan lebih percaya diri dan tampil elegan dan nasionalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *