Inilah Cara dan Tahapan Membuat Batik Tradisional yang Cantik dan Menarik

asep4.png

lamonganoke.wordpress.com

Batik yang merupakan sebuah jenis kerajinan yang terwujud pada sebuah kain ini sangat memiliki nilai seni yang tinggi. Bagaimana tidak jika kita mengamati corak dan motif yang ada maka akan muncul sebuah kekaguman padanya. Mungkin saja Anda masih ragu karena Anda melihat bahwa batik saat ini bisa dibuat dengan cara dicap atau di print. Tapi bagaimana jika kita memfokuskan diri pada jenis batik tradisional yang dibuat dengan cara ditulis? Apakah Anda masih tak kagum dengannnya? Tentu sangatlah naif jika Anda masih tidak merasa kagum dengan batik tulis yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam proses pembuatannya ini.

Dengan tingkat kesulitan yang tinggi ini maka tak mengherankan bila batik tulis ini memiliki nilai dan harga yang tinggi dibanding dengan jenis batik lainnya. Harga yang tinggi ini memang setara dengan proses pembuatannya yang rumit dan lama. Masa sih? Untuk membuktikannya maka Anda bisa mengenal proses pembuatan batik tulis tradisional berikut ini.

 

 

Persiapkan Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan Anda perlu mempersiapkan untuk membuat batik tulis ini adalah sebuah kain mori yang primissima yang merupakan kain mori paling halus dan sesuai dengan batik tulis. Bahan berikutnya yang perlu disiapkan adalah lilin. Lilin untuk membuat batik tulis ini bisa Anda buat dengan resep tertentu dari enam jenis lilin yang ada. Atau bila Anda adalah pemula maka Anda bisa langsung membeli lilin batik yang sudah tinggal pakai di toko. Bahan berikutnya adalah pewarna yang bisa Anda pilih antara pewarna alami yang berasal dari tetumbuhan atau dengan pewarna buatan yaitu naptol dan cat soga. Namun pastikan bila Anda menggunakan pewarna buatan maka pilihlah yang tidak merusak lilin saaat dipasanaskan.

Peralatan yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Batik Tulis

Sedangkan peralatan yang perlu disiapkan untuk membuat batik tulis antara lain :

  • Canting yaitu alat yang terbuat dari tembaga dengan ujung meyerupai paruh burung dan digunakan untuk melukis atau menempelkan lilin ke kain.
  • Gawangan merupakan tempat yang terbuat dari bambu atau kayu untuk meletakkan kain mori yang akan dibatik.
  • Wajan yakni sebuah wadah atau tempat yang terbuat dari tembaga atau tanah liat dan digunakan untuk mencairkan lilin.
  • Anglo atau kompor kecil yang digunakan untuk memanaskan wajan
  • Bak pengetel untuk proses pencucian kain terakhir

Proses Pembuatan Batik Tulis

Dalam proses pembuatan batik tulis ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tahapan dalam membuat batik tulis ini yaitu :

  1. Tahap Persiapan
  • Pertama siapkan kain mori yang telah dibersihkan dan diberi kanji agar tidak kusut dan mudah dilukis
  • Buat motif batik yang Anda inginkan diatas kain dengan menggunakan pensil
  • Sampirkan kain yang telah diberi motif pada gawangan
  • Setelah itu nyalakan kompor atau anglo dan letakkan lilin ke dalam wajan yang telah dipanaskan. Tunggu sampai lilin mencair sempurna dan pertahankan api kecil tetap menyala kecil dibawah wajan.
  1. Tahap Pembatikan
  • Berikutnya setelah persiapan sudah selesai, Anda sudah bisa mulai membatik atau melukiskan lilin ke motif kain mori. Caranya melukiskannya adalah ambil sedikit lilin cair dengan menggunakan canting. Tiup-tiup sebentar lilin pada canting agar tidak terlalu panas. Setelah itu Anda tinggal menggoreskan canting pada kain dengan mengikuti motif yang telah dibuat. Saat menggoreskan canting ke kain ini Anda harus berhati-hati jangan sampai lilin menetes diatas permukaan kain. Sebab hal ini akan mempengarufi hasil akhir kualitas pembatikan.
  1. Tahap Pewarnaan dan Pencucian
  • Saat semua motif tertutup lilin, maka proses selanjutnya adalah proses pewarnaan
  • Siapkan bahan pewarna di dalam ember dan celupkan kain mori yang telah dibatik tadi ke dalam larutan pewarna dengan menggunakan kuas. Ulangi hal ini sampai beberapa kali hingga warna merata tersebar pada kain batik.
  • Setelah warna merata pada kin maka proses berikutnya adalah penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod
  • Terakhir proses pembuatan batik tulis ini adalah proses pencucian dan penjemuran kain batik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *